Rabu, 04 Juni 2008

Strategic Planning

STRATEGIC PLANNING

Sumber : McGraw Hill Twelfth Edition Chapter 8


Pengertian Perencanaan Strategi

  1. Proses memutuskan program yang akan dijalankan suatu organisasi serta jumlah sumber daya yang dialokasikan pada setiap program untuk beberapa tahun mendatang
  2. Perumusan strategi adalah proses memutuskan strategi baru, sedangkan perencanaan strategi adalah proses mengimplementasikan strategi

Manfaat Perencanaan Strategi

  • Rerangka acuan utk penyusunan anggaran tahunan
  • Alat pengembangan manajemen
  • Mekanisme utk memaksa manajemen berpikir ke depan
  • Membantu manajemen untuk pengarahan masa depan
  • Membantu utk memikirkan tindakan jangka pendek yang diperlukan untuk mengimplementasikan strategi

Keterbatasan Perencanaan Strategi

  • Ada bahaya kegiatan PS hanya berupa pengisian formulir saja
  • Penyusunan PS didelegasikan pada pegawai staff, tidak dilakukan oleh manajer lini
  • Penyusunan PS memerlukan waktu lama dan mahal

Hubungan Organisasi

Proses perencanaan strategi menyangkut manajemen senior dan manajer unit bisnis dibantu oleh staff, agar komunikasi di antara keduanya dapat ditingkatkan, sehingga dapat dicapai persamaan tujuan dan rencana. Manajer departemen biasanya tidak ikut dilibatkan Pada beberapa organisasi, PS disusun oleh kontroller atau staff lain. Namun umumya bagian ini tidak memiliki keahlian analitik dan pandangan luas yang diperlukan dalam penyusunan perencanaan strategi. Kontroller dan staff perencanaan hanya memiliki keahlian analitik yang diperlukan dalam menjabarkan ke dalam anggaran tahunan dan analisis selisih antara jumlah realisasi dan anggarannya Anggota staf kantor pusat menyediakan kemudahan dalam penyusuan PS, tetapi jangan terlibat terlalu jauh. Perannya hanya sebagai katalisator yang menjamin bahwa proses penyusunan PS sudah dilaksanakan dengan tepat. Jika manajer unit bisnis merasa bahwa PS disusun oleh Staf Kantor Pusat, mereka akan enggan mendiskusikannya.


Analisis Usulan Program Baru :

  • Ide program baru dapat timbul darimana saja dalam suatu organisasi
  • Usulan program dapat bersifat reaktif atau proaktif
  • Kesuksesan perusahaan tergantung pada kemampuannya utk mengimplementasikan program
  • Jika mungkin program dilaksanakan secara bertahap dalam suatu rangkaian tindakan, tidak sekaligus.

Analisis Investasi Modal

Tehnik analisis yang banyak digunakan utk analisis adalah:

1. Net Present Value

2. Internal Rate of Return


Alasan tidak menggunakan tehnik NPV

1. Usulan program jelas amat menarik

2. Estimasi yang terkait begitu tidak pasti

3. Alasan program bukan meningkatkan profitabilitas

4. Tidak ada alternatif yang layak untuk menggunakan proposal


Pertimbangan utk mengevaluasi program:

  • Rules (Aturan)
  • Penghindaran Manipulasi

Model-model lain:

Analisis risiko

Analisis Sensitivitas

Teori Permainan

Option Pricing Model

Contingent Claims Analysis

Decision tree analysis


Analisis Untuk Program Yang Berlangsung :

Value Chains Analysis

Linkages (hubungan) dengan pemasok

Linkages (hubungan) dengan pelanggan

Linkage (hubungan) di dalam proses perusahaan.

Activity Based Costing

Komponen Product cost

Bahan Langsung

Biaya Konversi (BTK & BOP)

Biaya Nonmanufaktur

  • Disain
  • Riset dan Pengembangan
  • General & Administrative
  • Marketing
  • Distribusi

Proses Perencanaan Strategi :

  • Mereview dan memutakhirkan perencanaan strategi tahun yang lalu
  • Memutuskan asumsi dan pedoman yang digunakan
  • Iterasi pertama perencanaan strategi baru
  • Analisis
  • Iterasi kedua perencanaan strategi baru
  • Mereview dan Menyetujui

Tidak ada komentar: