Minggu, 22 Juni 2008

Cost leadership, differentiation, focus, value chain,

GENERIC STRATEGY OF PORTER

Perusahaan memposisikan dirinya dalam industri melalui strength yang mereka miliki. Strength yang mereka miliki tersebut diarahkan pada low-cost advantage dan differtiation. Dalam aplikasinya ada tiga generic strategy:

COST LEADERSHIP

  1. Perusahaan mengarahkan dirinya menjadi produsen yang low-cost dalam industri untuk setiap level kualitas.
  2. Ada dua strategi turunannya:

o produk dijual dalam rata-rata harga industri untuk meraih keuntungan yang lebih besar dari pesaing

o produk dijual dibawah rata-rata harga industri untuk meraih market-share yang lebih luas.

  1. Saat terjadi perang harga perusahaan tetap dapat meraih keuntungan saat perusahaan lain menderita kerugian
  2. Saat industri memasuki fase mature dan decline perusahaan tetap meraih keuntungan dalam jangka panjang
  3. Cost leasership dapat diraih dengan:

o keputusan outsourcing dan verical integration yang optimal

o meningkatkan efisiensi dalam setiap value chain

o mendapatkan sumber input yang murah

  1. Cirinya:

o memiliki capabilities keuangan yang kuat untuk berinvestasi dalam spesific assets

o mampu mendesain proses produksi dengan efisien

o memiliki keahlian yang tinggi dalam industri karena learning/experience curve yang tinggi

o jalur distribusi yang efisien

DIFFERENTIATION

1. perusahaan mengembangkan produknya sehingga memiliki keunikan yang memberikan nilai tambah bagi konsumen sehingga konsumen berpersepsi bahwa produknya berbeda dan lebih baik dari produk lain dalam industri.

2. perusahaan dapat mematok harga dengan lebih tinggi untuk keunikan yang ditawarkannya. harga yang lebih tinggi tersebut dapat menutup tambahan cost yang timbul karena menawarkan keunikan tersebut.

3. saat supplier menaikkan harga input, perusahaan tetap dapat membebankannya pada konsumen yang merasa esulitan mencari barang subtitusinya.

4. cirinya:

    • leading dalam R&D
    • capabilities dan kreatifitas yang tinggi dalam pengembangan produk
    • sales yang tangguh dan baik dalam mengkomunikasikan keunggulan produk
    • images perusahaan yang baik dalam kualitas dan inovasi

FOCUS

1. perusahaan memfokuskan diri pada narrow segment baik melalui low-cost maupun differentiation

2. perusahaan biasanya memiliki konsumen yang loyal sehingga membuat pesaing sulit untuk bersaing secara langsung

3. karena fokus, maka volume produksinya kecil, sehingga bergaining power of suppliernya tinggi. walaupun demikian perusahaan yang menerapkan differentiation-focused strategy tetap dapat membebankannya pada konsumen yang merasa esulitan mencari barang subtitusinya.

4. cirinya mengadopsi kelebihan dari produk-produk yang ada di dalam broad market untuk kemudian dibawa ke dalam narrow market dengan memodifikasinya melalui low-cost ataupun differentiation dengan sangat baik.


VALUE CHAIN

Value chain adalah suatu set aktifitas utama yang memberikan pertambahan nilai bagi konsumen dan aktivitas lainnya yang mendukungnya. Value chain analysis berguna bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan-keputusan strategic, seperti keputusan outsourcing, make or buy, dll.

Dalam memahami aktivitas yang leading untuk mencapai kompetitif advantages dapat dilakukan dengan cara: identifikasi spesific-activities yang relevant terhadap core business perusahaan dari generic value chain yang ada. Lalu identifikasi hubungan antara spesific-activities yang telah diidentifikasi untuk memahami lebih lanjut tentang performa dan cost timbul karenanya.

Competitive advantage dapat dilahirkan dari optimalisasi dan mengkoordinasikan hubungan antara akitivitas tersebut. pemahan tentang hubungan antar aktivitas dapat memberikan perusahaan low-cost advantage serta differentiation advantage.

Tidak ada komentar: